PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA BIDANG PENEMPATAN TENAGA KERJA (PENTA) DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR

Marwah (2024) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA BIDANG PENEMPATAN TENAGA KERJA (PENTA) DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 7. ABSTACT.pdf] Text
7. ABSTACT.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II STUDI PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of 16. BAB IV PEMBAHASAN.pdf] Text
16. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik adalah indikator utama untuk mengevaluasi kinerja
pemerintah. Kualitas pelayanan yang baik di setiap departemen pemerintah
sangat penting dan harus terus ditingkatkan agar dapat memenuhi kebutuhan
masyarakat yang menerima layanan tersebut. Pelayanan publik yang berkualitas
merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan
standar yang telah ditetapkan. Standar ini menjadi panduan untuk
menyelenggarakan layanan dan mengukur kualitas layanan yang menjadi
komitmen penyelenggara pelayanan kepada penerima layanan. Oleh karena itu,
diperlukan adanya Standar Pelayanan (SP), terutama dalam lingkup
pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan
penyelenggara layanan dan memberikan kepuasan terhadap harapan penerima
layanan dengan pelayanan yang prima melalui penyusunan SP pada Bidang
Penempatan Tenaga Kerja Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
telaah dokumen.
Penelitian ini menghasilkan tiga jenis SP, yaitu pelayanan Penerbitan dan
Pengesahan AK.1 (Kartu Kuning), Pelayanan CPMI (Calon Pekerja Migran
Indonesia) melalui P3MI (Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia),
dan Pelayanan Perpanjangan RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja
Asing Indonesia).

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Ketenagakerjaan, Standar Pelayanan, Penempatan Tenaga Kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2024
Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:06
Last Modified: 13 Aug 2024 03:06
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item
View Item