EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PADA RIGHT START SCHOOL MAKASSAR

CHANTRY AJENG KUSUMA DEVI, AJENG (2018) EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) PADA RIGHT START SCHOOL MAKASSAR. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 3. AJENG.pdf] Text
3. AJENG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu
hal yang penting dan sedapat mungkin diperhatikan oleh lembaga/organisasi yang
berorientasi pada pendidikan khususnya pihak yang mendirikan PAUD, dewasa
ini terdapat lembaga/organisasi yang mulai berlomba-lomba mendirikan PAUD,
salah satunya adalah Right Start School Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan
maksud dan tujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas
penyelenggaraan PAUD yang telah dilakukan oleh Right Start School Makassar di
mata orangtua murid yang telah menyekolahkan anak mereka pada Right Start
School Makassar, yang dilihat dari aspek standar isi, standar proses, standar
penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, serta standar sarana dan
prasarana yang diadopsi dari Peraturan Menteri Pendidikan No.137 tahun 2014
tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengolah data
yang diperoleh dari lokasi penelitian kemudian disajikan dalam bentuk angka.
Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta wawancara
sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif
dengan bantuan program SPSS (Statistical Program for Social Science)untuk
menguji tingkat validitas dan realibilitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penyelenggaraan PAUD
yang telah dilakukan oleh Right Start School Makassar yang dilihat dari aspek
standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga
kependidikan, serta standar sarana dan prasarana secara keseluruhan sudah dapat
dikatakan baik/bagus dikarenakan telah melaksanakan/menyelenggarakan
Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Anak
Usia Dini. Adapun rekomendasi terkait efektivitas penyelenggaraan PAUD yang
masih perlu ditingkatkan lagi dari segi standar isi, standar proses, standar
penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, serta standar sarana dan
prasarana yaitu dengan memasukkan mata pelajaran agama, teknik penilaian yang
harus objektif, adanya sikap transparansi antara guru dan orangtua mengenai latar
belakang pendidikan dan diharapkan agar kepala sekolah lebih sering
mengunjungi sekolah serta menyediakan ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) agar tingkat efektivitas
penyelenggaraan PAUD pada Right Start School Makassar lebih meningkat dari
sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 17 Jan 2022 00:36
Last Modified: 17 Jan 2022 00:36
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item