ANALISIS KUALITAS PELAYANAN REKOMENDASI PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) PADA KANTOR KELURAHAN TAMARUNANG, KECAMATAN SOMBA OPU, KABUPATEN GOWA

Putri Megawaty, Putri (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN REKOMENDASI PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK) DAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) PADA KANTOR KELURAHAN TAMARUNANG, KECAMATAN SOMBA OPU, KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 5.PUTRI MEGAWATI.pdf] Text
5.PUTRI MEGAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Rekomendasi
pembuatan Kartu Keluarga (kk) dan Kartu Tanda Penduduk (ktp) pada kantor
Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa dengan
menganalisis permasalahan pada sub variabel Bukti Fisik (Tangible), Keandalan
(Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati
(Emphaty). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimana
terdapat unit analisis. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara,
pedoman observasi dan pedoman telaah dokumen. Prosedur pengumpulan data
diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan, wawancara maupun telaah dokumen.
Serta analisis data yaitu reduksi data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada sub variabel Bukti Fisik
(Tangible) mengenai tentang sarana prasarana sudah cukup baik, Pelayanan yang
diberikan cukup baik, pegawai yang ada bersikap ramah dan sopan kepada
masyarakat. Pada sub variabel Keandalan (Reliability) dalam hal ini kecepatan
waktu pelayanan belum sesuai dengan yang diharapkan. Karena dalam pelayanan
yang diberikan terkadang lambat, karena petugas yang sedang tidak ada di tempat
pelayanan. Pada Sub Variabel Daya Tanggap (Responsiveness) menunjukkan
bahwa dalam daya tanggap pegawai Kelurahan Tamarunang masih tidak sesuai
dengan keadaan yang ada, respon pegawai dalam melayani masyarakat masih
kurang dilakukan oleh pegawai Kelurahan Tamarunang. Pada Sub Variabel
Jaminan (Assurance) terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat yaitu dengan
memberikan kondisi ruangan dengan cukup baik serta menempatkan tukang parkir
yang ikut mengamankan keadaan di parkiran. Pada Sub Variabel Empati
(Empathy) pegawai kantor Kelurahan Tamarunang dinilai cukup baik dalam
memberikan pelayanan surat Rekomendasi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda
Penduduk. Sikap ramah yang diberikan kepada masyarakat cukup membuat
masyarakat merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 17 Jan 2022 00:38
Last Modified: 17 Jan 2022 00:38
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item
View Item