Andi, Ansarullah (2012) ANALISIS KINERJA LEMBAGA OMBUDSMAN KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
Skripsi Andi Ansarullah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kondisi terkini dalam penyediaan pelayanan publik, ditandai dengan adanya transformasi sebagai akibat dari penyesuaian terhadap konteks global yang dikarateristikkan dengan ideologi pasar, demonisasi negara kesejahteraan, tumbuhnya rezim neoliberal, penyebab kebijakan yang lebih pro pasar serta terkikisnya pelayanan publik dari sisi ruang lingkup, peranan, kapasitas dan komitmennya. Kondisi ini menumbuhkan aliansi antar negara dan pasar sehingga menyebabkan munculnya hubungan kerjasama yang lebih intim antara birokrasi publik dan perusahaan swasta disatu sisi sementara disisi lainnya terjadi pelemahan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat biasa. Inilah yang menjadi tujuan peneliti dalam melihat secara umum kondisi yang terjadi pada proses administrasi, birokrasi dan mekanisme dalam pengambilan keputusan pada penyelenggaraan pemerintahan dalam melakukan pelayanan publik pada tingkat masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode observasi partisipatif dimana peneliti mengamati apa yang dikerjakan orang, mendengarkan apa yang mereka ucapkan, dan berpartisipasi dalam aktivitas mereka. dan teknik pengumpulan datannya dengan menggunakan observasi partisipatif, karna pedoman wawancara berguna untuk mendapatkan data dari tangan pertama (primer) ; pelengkap teknik pengumpulan lainnya ; menguji hasil pengumpulan data lainnya, dan pedoman telaah dokumen, sedangkan teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan lebih berdasarkan pada filsafat fenomenologis yang mengutamankan penghayatan (verstehen) dengan berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri (mengutamakan pendapat responden).
Hasil penelitian ini didasarkan pada peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh lembaga Ombudsman Makassar pada masyarakat dalam merespon setiap keluhan masyarakat tentang adanya dugaan maladministrasi dengan harapan dapat memperbaiki citra pemerintah dimata masyarakat. Demikian halnya melalui kualitas pelayanan publik yang semakin baik, maka kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan semakin baik pula. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui peningkatan pelayanan kualitas kinerja lembaga Ombudsman Makassar di kantor lembaga Ombudsman Makassar dapat dikategorikan Baik, dimana pelaksanakan pelayanan lembaga Ombudsman Makassar kepada masyarakat sebagai pengguna jasa baik itu mengenai peningkatan kemampuan pelayanan, prosedur pelayanan, kecepatan dan kejelasan pelayanan, masyarakat sudah merasa terlayani dengan semestinya. Namun pada tahap proses penyelesaian pengaduan masih adanya kekurangan-kekurangan sehingga dapat menjadi acuan untuk berbenah pada sistem yang masih kurang, sehingga diperlukan adanya sinergitas antar stekholder dan integritas serta kapabilitas yang tinggi pada jajaran lembaga Ombudsman makassar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2012 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 00:56 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 00:56 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/866 |