ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR KABUPATEN BULUKUMBA

Muhammad, Nasir (2012) ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR KABUPATEN BULUKUMBA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of Sampul.pdf] Text
Sampul.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Persetujuan.pdf] Text
Persetujuan.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Abstract.pdf] Text
Abstract.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Bab I-V.pdf] Text
Bab I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Biodata.pdf] Text
Biodata.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian pelayanan publik pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba yang diukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan melihat kualitas pelayanan yang meliputi kesederhanaan, kejelasan, kepastian, keamanan, kemudahan, kedisiplinan, dan kenyamanan.
Adapun metode yang digunakan adalah Metode deskriptif-kualitatif, yang menggambarkan bagaimana pemberian pelayanan publik oleh aparat birokrasi pada Dinas Pengolahan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba dan bagaimana respon masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh aparat Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi dan hasilnya dilakukan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik pada Dinas pengelolaan Sumber Daya Air masih belum memberikan kepuasan kepada masyarakat khususnya yang menerima layanan pembagian air irigasi. (1) Dalam Kesederhanaan Pelayanan publik pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba dilihat dari segi keserhanaan prosedur belum tercipta, keamanan belum terjamin, kemudahan belum maksimal, kedisiplinan belum tercipta dan kenyamanan belum dirasakan masyarakat. (2) Dalam Kejelasan Disarankan bahwa untuk meningkatkan pelayanan publik perlu melakukan pembaruan sistem pelayanan, penataan tugas-tugas administrasi dan tugas-tugas pelayanan publik serta pemberian sanksi aparat yang lalai melaksanakan tugasnya.(3) Dalam Kepastian Waktu Masyarakat harus mendapat kejelasan di mana waktu itu sangat berharga dalam setiap pelaksanaan kegiatan (4) Dalam keamanan pelayanan sudah baik dimana adanya tanda bukti/tanda terima yang diberikan sebagai jaminan keamanan (5) Dalam Kemudahan pelayanan masyarakat sudah merasa puas karna pelayanannya cepat, tepat dan ramah. (6) Dalam Kedisiplinan belum optimal, sehingga ketepatan waktu dan kerajinan lebih di tingkatkan lagi (7) Dalam Kenyamanan masyarakat sudah merasa nyaman dan fasilitas yang sudah memadai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2012
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:14
Last Modified: 14 Aug 2024 07:14
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item