Muhammad, Nasir (2012) ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR KABUPATEN BULUKUMBA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
Sampul.pdf
Download (11kB)
Pengesahan.pdf
Download (372kB)
Persetujuan.pdf
Download (373kB)
Pernyataan.pdf
Download (422kB)
Abstract.pdf
Download (183kB)
Daftar Isi.pdf
Download (189kB)
Bab I-V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (438kB)
Biodata.pdf
Download (280kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian pelayanan publik pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba yang diukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan melihat kualitas pelayanan yang meliputi kesederhanaan, kejelasan, kepastian, keamanan, kemudahan, kedisiplinan, dan kenyamanan.
Adapun metode yang digunakan adalah Metode deskriptif-kualitatif, yang menggambarkan bagaimana pemberian pelayanan publik oleh aparat birokrasi pada Dinas Pengolahan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba dan bagaimana respon masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh aparat Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi dan hasilnya dilakukan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik pada Dinas pengelolaan Sumber Daya Air masih belum memberikan kepuasan kepada masyarakat khususnya yang menerima layanan pembagian air irigasi. (1) Dalam Kesederhanaan Pelayanan publik pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bulukumba dilihat dari segi keserhanaan prosedur belum tercipta, keamanan belum terjamin, kemudahan belum maksimal, kedisiplinan belum tercipta dan kenyamanan belum dirasakan masyarakat. (2) Dalam Kejelasan Disarankan bahwa untuk meningkatkan pelayanan publik perlu melakukan pembaruan sistem pelayanan, penataan tugas-tugas administrasi dan tugas-tugas pelayanan publik serta pemberian sanksi aparat yang lalai melaksanakan tugasnya.(3) Dalam Kepastian Waktu Masyarakat harus mendapat kejelasan di mana waktu itu sangat berharga dalam setiap pelaksanaan kegiatan (4) Dalam keamanan pelayanan sudah baik dimana adanya tanda bukti/tanda terima yang diberikan sebagai jaminan keamanan (5) Dalam Kemudahan pelayanan masyarakat sudah merasa puas karna pelayanannya cepat, tepat dan ramah. (6) Dalam Kedisiplinan belum optimal, sehingga ketepatan waktu dan kerajinan lebih di tingkatkan lagi (7) Dalam Kenyamanan masyarakat sudah merasa nyaman dan fasilitas yang sudah memadai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2012 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:14 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:14 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/896 |