Rasdiana (2012) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KTP PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PIRANG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of RASDIANA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RASDIANA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Kartu Tanda Penduduk pada dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kabupaten Pinrang
Penelitian ini menggunakan metode survei dan populasinya adalah seluruh masyarakat yang dilayani atau mengajukan permohonan KTP pada Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten pinrang. Serta sampel yang di gunakan adalah teknik adalah insedental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/ incedental bertemu dengan peneliti dapat di gunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data maka peneliti mengambil sampel dari masyarakat/ pemohon KTP yang datang dengan menggunakan waktu 1 sampai 22 hari untuk 22 orang responden. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, dan telaah dokumen, sedangkan teknis analisis dala yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriftif kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pelayanan Kartu tanda Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang. Berkualitas dalam melihat Tangible, Empathy, Realibility, Responsiveness dan Assurance dalam beberapa kegiatan pelayanan dan adapun hal yang berpengaruh dan di nilai perlu lebih ditingkatkan lagi yaitu Prosedur pelayanan kartu tanda penduduk yang cepat dan tepat, jadwal pelayanan kartu tanda penduduk, kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan ruang pelayanan kartu tanda penduduk. Item item tersebut adalah bagian dari variabel responsiveness dan tagible. Untuk lebih memahami harapan - harapan masyarakat dan untuk meningkatkan kinerja/ kualitas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten pinrang di masa mendatang maka hendaknya lebih proaktif di dalam melakukan survey atas kinerjanya. Dari pada hanya sekedar menyediakan kotak saran seperti yang dilakukan selama ini. Hal tersebut sangat perlu dilakukan sebagai langkah di dalam memperbaiki kinerja secara berkelanjutan dan juga sebagai upaya untuk menimbulkan citra positif pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2012 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:04 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/912 |