Alif, Miftahusurur (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANANAN PADA KANTOR KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of SKRIPSI ALIF MIFTA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ALIF MIFTA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meihat kualitas pelayanan pada kantor kecamatan bonto marannu kabupaten gowa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan survey. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket, wawancara ,observasi dan telaah dokumen.
Hasil penelitian terdiri persyaratan, prosedur, waktu biaya, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, prilaku pelaksana dan penanganan saran dan masukan. Berdasarkan hasil olahan data kuesioner,hasil kuesioner mencapai nilai rata-rata 3.05 atau dalam kategori cukup baik. Hal tersebut juga ditandai dari olahan data wawancara, observasi dan telaah dokumen.Pertama, beberapa persyaratan pelayanan masih kurang jelas karena hanya tersedia di kantor desa dan hanya disampaikan secara lisan dikecamatan bontomarannu.Kedua pelayanan kepada masyarakat tidak didasarkan pada prosedur yang jelas. Standar operasional prosedur hanya tersimpan dikomputer dan tidak menjadi acuan. Ketiga pegawai selalu tanggap terhadap masyarakat pengguna layanan dan penyelesaian pelayanan sangat tergantung pada kelengkapan berkas masyarakat dan kehadiran camat untuk bertandatangan. Keempat ,pegawai mengenakkan tarif kepada masyarakat untuk setiap pelayanan. Tarif pelayanan relatif dan berdalih seiklahs nya. Kelima pelayanan yang diberikan aparatur sudah sesuai dan tepat. Keenam pengetahuaan dan keterampilan pegawai sudah cukup bagus. Ketujuh prilaku pelaksana sudah cukup baik. Hanya saja beberapa prilaku pegawai sangat ditentukan jumlah persen yang diberikan masyarakat selama proses pelayanan. Kedelapan, tidak ditemukan adanya maklumat pelayanan yang memuat tengtang janji pegawai tengtang kesanggupan melayani masyarakat pada kantor kecamatan bonto marannu kabupaten gowa . kesembilan tidak ditemukan sarana pengaduan pada kantor kecamatan bontomarannu kabupaten gowa baik berupa kotak saran atau nomor telpon yang dapat dihubungi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2016 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 01:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 01:13 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/915 |