Opina, Lapu (2016) INOVASI PELAYANAN LANGSUNG AKTA KELAHIRAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of SKRIPSI-OPI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-OPI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (745kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inovasi
Pelayanan Langsung Akta Kelahiran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, telaah
dokumen dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Langsung
Akta Kelahiran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar dilihat
dari kepentingan umum, berada pada kategori baik. Pelayanan langsung akta
kelahiran ini sudah memberikan dampak yang baik dari kepastian waktu, biaya
yang gratis dan kepastian layanan. Pelayanan langsung akta kelahiran tersebut
kemitraannya dengan pihak terkait sudah berjalan dengan baik, tidak dapat
menyelenggarakan pelayanan ini tanpa adanya kerjasama dari pihak lain. Oleh
karena itu dibutuhkan kemitraan dari pihak lain diantaranya pihak pemerintah,
pihak swasta dan komponen yang terkait. Dukungan untuk pelayanan langsung
akta kelahiran baik itu dari segi keuangan, sarana prasarana dan SDM sudah
cukup baik. Dengan demikian keberlanjutan dalam pelayanan langsung tersebut
sangat diharapkan, berjalan secara terus-menerus atau berkesinambungan dari
tahun ke tahun berikutnya demi kepentingan masyarakat, khususnya bagi
masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari Dinas Kependudukan dan Catatan
Sipil Kota Makassar. Pelayanan ini disambut baik oleh masyarakat, selain itu
memberikan dampak yang positif terhadap instansi terkait untuk lebih produktif.
Sebaiknya sambutan yang antusias dari masyarakat akan ditingkatkan dan
dipertahankan. jangan mengecewakan masyarakat dengan apa yang dirasakan
dari pelayanan langsung yang selama ini sudah berjalan dengan baik. pelayanan
langsung ini mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara (Menpan) Republik Indonesia sebagai Role model (patut dicontoh) dan
Makassar menjadi urutan yang pertama se Indonesia. Jadi sebaiknya
dipertahankan penghargaan tersebut
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2016 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 01:58 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 01:58 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/977 |