KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PADARSUD MASSENREMPULU KABUPATEN ENREKANG

Mulyanti, Syam (2018) KUALITAS PELAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PADARSUD MASSENREMPULU KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of SKRIPSI-MULYANTI SYAM.pdf] Text
SKRIPSI-MULYANTI SYAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Terbitnya beberapa peraturan perundang-undangan tentang jaminan perlindungan kesehatan membawa konsekuensi tentang pentingnya kualitas pelayanan pada rumah sakit. Munculnya berbagai pandangan serta keluhan pasien mengenai pelayanan terhadap pasien pengguna BPJS yang dianggap kurang baik menjadi alasan dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan pasien pengguna BPJS pada RSUD Massenrempulu Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument utama dalam penelitian sehingga data yang diperoleh dapat menunjang keterangan yang diperlukan untuk mendukung pembahasan penelitian. Hasil penelitian didasarkan pada 5 Sub variabel yaitu tampilan fisik (Tangibles), Keandalan (Reability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty). Berdasarkan hasil analisis tampilan fisik (Tangibles) masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai 3,37, Kehandalan (Reliability) dengan nilai 3,49 termasuk dalam kategori baik, Daya tanggap (Responsiveness) dengan nilai 3,90 termasuk dalam kategori baik, Jaminan (Assurance) dengan nilai 3,62 termasuk dalam kategori baik serta Empaty (Emphaty) juga termasuk dalam kategori baik dengan nilai 3,53. Adapun nilai rata – rata yang dihasilkan dari penjumlahan nilai rata – rata keseluruhan indikator kualitas pelayanan sebesar 3,58. Sehingga sesuai dengan rentang interval yang telah ditentukan, maka pelayanan pasien pengguna BPJS pada RSUD Massenrempulu Kabupaten Enrekang berada pada rentang interval baik.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2018
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:03
Last Modified: 16 Aug 2024 02:03
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item
View Item