Penguatan Kelembagaan BUMDes Bontokassi

Sandy, Sandy and Najmi Kamariah, Najmi and Murtafia, Murtafia (2022) Penguatan Kelembagaan BUMDes Bontokassi. Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of ABSP Intisari PKM SANDY.pdf] Text
ABSP Intisari PKM SANDY.pdf

Download (82kB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki peran yang sangat strategis dalam penguatan ekonomi lokal. Sebagaimana yang tertuang dalam peraturan Menteri Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 4 tahun 2015, tujuan pendirian BUMDes diantaranya meningkatkan perekonomian Desa, mengoptimalkan asset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa, mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/ atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar, membuka lapagan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyrakat, serta meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli Desa. Desa Bontokassi Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar dalam memaksimalkan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat telah membentuk BUMDes. Namun dalam pengelolaan BUMDes masih menemui berbagai persoalan seperti kapasitas pengurus dan usaha BUMDes belum berjalan dengan baik, Untuk
menyelesaikan persolan tersebut dilakukan upaya penguatan BUMDes melalui kegiatan pelatihan dan focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada pengurus BUMDes dan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan BUMDes seperti identifikasi potensi desa untuk memanfaatkan potensi ekonomi dan sumber daya yang ada didesa untuk dikelola menjadi unit usaha BUMDes. Hasil pengabdian masyarakat di Desa Bontokassi memberikan manfaat berupa hasil identifkasi potensi desa yang dapat dikembangkan BUMDes seperti usaha kerajinan songkok guru, usaha kedai kopi, usaha jual beli hasil pertanian, usaha jual kebutuhan rumah tangga. Dari hasil identifikasi tersebut akan ditindaklanjuti oleh BUMDes dengan pendampingan untuk kegiatan pengabdian berikutnya.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Unnamed user with email eko.lansmd@gmail.com
Date Deposited: 27 Dec 2022 05:59
Last Modified: 10 Jan 2023 08:00
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item