Wafiq, Azizah (2022) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ADMINISTRASI PEMERINTAHAN (SOP AP) PADA SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (333kB)
![[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (337kB)
![[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (388kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. ABSTRACT.pdf
Download (696kB)
![[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 15. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
![[thumbnail of 16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
![[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf
Download (849kB)
Abstract
Berdasarkan tata kelola pemerintahan yang dijalankan, Standar Operasional Prosedur (SOP) saat ini menempati prioritas penting terkait kesuksesan pelayanan publik yang diselenggarakan. SOP memiliki peran yang besar untuk menciptakan pemerintahan yang efisien, efektif dan konsisten dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan lembaga dibawah naungan Pemerintah Provinsi yang menyelengarakan urusan di bidang perpustakaan dan kearsipan. Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan terdapat permasalahan yakni belum adanya dokumen tertulis berupa Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP) yang seharusnya menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk melihat efektifitas dari penerapan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan Focus Grup Discussion.
Penyusunan SOP AP sesuai standar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat memberikan peluang profesionalisme dan dapat meminimalisir terjadinya mal praktik dalam penyelenggaraan pemerintah. Adapun tahapan dalam penyusunan SOP AP ini dimulai dengan melakukan penilaian kebutuhan, kemudian membuat sebuah daftar mengenai SOP AP yang akan disusun atau dikembangkan. Selanjutnya yaitu proses mengidentifikasi pemilihan alternatif SOP AP dan sampai kepada proses penulisan dokumen SOP AP di Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Hukum. Hasil dari penyusunan SOP ini terdiri dari lima dokumen SOP AP yaitu Dokumen SOP Usulan Kenaikan Pangkat, SOP Usulan Kenaikan Gaji Berkala, SOP Usulan Pensiun, SOP Usulan Cuti Pegawai dan SOP Surat Balasan Penelitian. Adapun hasil evaluasi penerapannya menunjukkan bahwa penerapan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan memberikan pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan publik.
Kata Kunci : Pelayanan publik, Penyusunan SOP, Penerapan SOP AP, Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur > 2022 Skripsi > Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusiaa Aparatur |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:25 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:25 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/562 |