Muhammad, Azriel Rahmat (2023) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (148kB)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (187kB)
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (190kB)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (523kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (284kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (154kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (184kB)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (181kB)
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (210kB)
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
15. BAB IV DESKRIPSI DATA PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (157kB)
18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Standar Pelayanan merupakan hal wajib bagi penyelenggara pelayanan
dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan. Standar pelayanan bertujuan
untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadi tolak ukur serta pedoman
pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Dalam Standar Pelayanan
mempunyai unsur pengelolaan pelayanan dan penyampaian pelayanan. Tujuan
dari penelitian ini yaitu menyusun standar pelayanan dibeberapa pelayanan pada
Puskesmas Mapilli Kabupaten Polewali Mandar, yang bertujuan untuk
memberikan acuan dan pedoman dalam sektor pengelolaan pelayanan untuk
petugas pelayanan dan memberikan kemudahan dalam mengakses pelayanan
bagi masyarakat.
Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitaif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk
metode dalam mengumpulkan data dalam peneltian ini yaitu dengan melalui
wawancara, observasi, telaah dokumem, dan Focus Group Discussion. Metode
wawancara dilakukan dengan pihak dari puskesmas dan masyarakat, observasi
mengenai sistematika pelayanan yang sedang berlangsung, dan melakukan
telaah dokumen yang bersangkutan dengan pelayanan yang akan dibuatkan
standar pelayanan. Untuk pelaksnaan Focus Group Discussion adalah salah satu
metode dalam melakukan pembahsan rancangan standar pelayanan, dimana
dalam peneltian ini menghadirkan 8 orang dengan harapan adanya saran dan
masukan baik untuk pihak puskesmas dan masyarakat untuk penerapan standar
pelayanan . Setelah melakukan pembahasan rancangan standar pelayanan
bersama pihak dari puskesmas dan masyarakat, selanjutnya akan dilakukan
penyusunan rancangan standar pelayanan yang sesuai dengan saran dan
masukan yang ada pada saat pelaksanaan Focus Group Discussion.
Hasil dari penelitian in yaitu berupa 3 standar pelayanan yang ada pada
Puskesmas Mapilli Kabupaten Polewali Mandar yang terbagi menjadi 2 bagian
yaitu dokumen pengelolaan pelayanan bagi penyelenggara pelayanan dan pamflet
penyampaian pelayanan bagi masyarakat.
Kata Kunci: Standar Pelayanan, Kualitas layanan, Pelayanan Kesehatan,
Puskesmas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:44 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:44 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/610 |