PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Muhammad, Azriel Rahmat (2023) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN PADA PUSKESMAS MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 12. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of 15. BAB IV DESKRIPSI DATA PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB IV DESKRIPSI DATA PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Standar Pelayanan merupakan hal wajib bagi penyelenggara pelayanan
dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan. Standar pelayanan bertujuan
untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadi tolak ukur serta pedoman
pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Dalam Standar Pelayanan
mempunyai unsur pengelolaan pelayanan dan penyampaian pelayanan. Tujuan
dari penelitian ini yaitu menyusun standar pelayanan dibeberapa pelayanan pada
Puskesmas Mapilli Kabupaten Polewali Mandar, yang bertujuan untuk
memberikan acuan dan pedoman dalam sektor pengelolaan pelayanan untuk
petugas pelayanan dan memberikan kemudahan dalam mengakses pelayanan
bagi masyarakat.
Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitaif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk
metode dalam mengumpulkan data dalam peneltian ini yaitu dengan melalui
wawancara, observasi, telaah dokumem, dan Focus Group Discussion. Metode
wawancara dilakukan dengan pihak dari puskesmas dan masyarakat, observasi
mengenai sistematika pelayanan yang sedang berlangsung, dan melakukan
telaah dokumen yang bersangkutan dengan pelayanan yang akan dibuatkan
standar pelayanan. Untuk pelaksnaan Focus Group Discussion adalah salah satu
metode dalam melakukan pembahsan rancangan standar pelayanan, dimana
dalam peneltian ini menghadirkan 8 orang dengan harapan adanya saran dan
masukan baik untuk pihak puskesmas dan masyarakat untuk penerapan standar
pelayanan . Setelah melakukan pembahasan rancangan standar pelayanan
bersama pihak dari puskesmas dan masyarakat, selanjutnya akan dilakukan
penyusunan rancangan standar pelayanan yang sesuai dengan saran dan
masukan yang ada pada saat pelaksanaan Focus Group Discussion.
Hasil dari penelitian in yaitu berupa 3 standar pelayanan yang ada pada
Puskesmas Mapilli Kabupaten Polewali Mandar yang terbagi menjadi 2 bagian
yaitu dokumen pengelolaan pelayanan bagi penyelenggara pelayanan dan pamflet
penyampaian pelayanan bagi masyarakat.
Kata Kunci: Standar Pelayanan, Kualitas layanan, Pelayanan Kesehatan,
Puskesmas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:44
Last Modified: 12 Aug 2024 01:44
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item
View Item