Muh, Ikram Mubaraqah (2023) PERANCANGAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DESA KALEBENTANG KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (69kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (167kB)
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (171kB)
5. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (174kB)
8. ABSTRACT.pdf
Download (66kB)
9. KATA PENGANTAR.pdf
Download (152kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (60kB)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (287kB)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (239kB)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (122kB)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pelayanan publik oleh birokrasi masih banyak menghadapi beberapa
permasalahan seperti adanya calo, prosedur yang membingungkan, serta
ketidakpastian terkait waktu dan biaya yang membuat akses pelayanan sangat
sulit dan tidak merata bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
Standar Pelayanan (SP) di Kantor Desa Kalebentang guna meningkatkan kualitas
pelayanan kepada masyarakat.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif
dengan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, studi
dokumentasi, dan Fokus Grub Diskusi (FGD). Hasil penelitian ini menghasilkan
enam (6) Standar Pelayanan yang akan diterapkan di Kantor Desa Kalebentang,
termasuk pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Pengantar
SKCK, Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Pengantar Kartu Keluarga, Surat
Pengantar Kartu Tanda Penduduk, dan Surat Keterangan Jual Beli Tanah.
Setelah dilakukan kegiatan Fokus Grub Diskusi (FGD) bersama aparat desa
dan masyarakat, dilanjutkan pada tahap penetapan dan penerapan Standar
Pelayanan dengan melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman di
lingkungan Kantor Desa Kalebentang, dan terakhir yaitu penetapan maklumat
pelayanan yang berisi pernyataan kesanggupan para pelaksana untuk
menjalankan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan
bersama.
Kata Kunci: Standar Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:43 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:43 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/633 |