PERANCANGAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DESA KALEBENTANG KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

Muh, Ikram Mubaraqah (2023) PERANCANGAN STANDAR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DESA KALEBENTANG KECAMATAN GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 9. KATA PENGANTAR.pdf] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik oleh birokrasi masih banyak menghadapi beberapa
permasalahan seperti adanya calo, prosedur yang membingungkan, serta
ketidakpastian terkait waktu dan biaya yang membuat akses pelayanan sangat
sulit dan tidak merata bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
Standar Pelayanan (SP) di Kantor Desa Kalebentang guna meningkatkan kualitas
pelayanan kepada masyarakat.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif
dengan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, studi
dokumentasi, dan Fokus Grub Diskusi (FGD). Hasil penelitian ini menghasilkan
enam (6) Standar Pelayanan yang akan diterapkan di Kantor Desa Kalebentang,
termasuk pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Pengantar
SKCK, Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Pengantar Kartu Keluarga, Surat
Pengantar Kartu Tanda Penduduk, dan Surat Keterangan Jual Beli Tanah.
Setelah dilakukan kegiatan Fokus Grub Diskusi (FGD) bersama aparat desa
dan masyarakat, dilanjutkan pada tahap penetapan dan penerapan Standar
Pelayanan dengan melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman di
lingkungan Kantor Desa Kalebentang, dan terakhir yaitu penetapan maklumat
pelayanan yang berisi pernyataan kesanggupan para pelaksana untuk
menjalankan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan
bersama.
Kata Kunci: Standar Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:43
Last Modified: 12 Aug 2024 02:43
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item
View Item