Yuni, Atmasari (2022) PERANCANGAN STANDAR PADA KELURAHAN MANGGALA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
![[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. ABSTRACT.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of 9. KATA PENGANTAR.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. KATA PENGANTAR.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
![[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
![[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf]](https://eprints.stialanmakassar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu unsur penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik adalah
pelayanan publik sebab suatu negara dinilai baik apabila pelayanan publik di
negara tersebut juga baik. Namun, pelayanan publik dewasa ini masih mengalami
banyak kekurangan sehingga kualitas yang diharapkan masyarakat belum dapat
terpenuhi. Hal tersebut dibuktikan dengan masih terdapat keluhan-keluhan
masyarakat yang disampaikan melalui media massa. Keluhan-keluhan tersebut
tentunya berdampak pada citra aparatur pemerintah sebagai penyelenggara
pelayanan.
Penelitian ini dilakukan di kantor Kelurahan Manggala, Kecamatan
Manggala, Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan
standar pelayanan bagi pihak Kelurahan Manggala sebagai penyedia layanan
serta bagi masyarakat sebagai pengguna layanan sehingga proses pelayanan
dapat terlaksana dengan mudah, efektif, dan efisien. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Informan penelitian dipilih secara purposive sesuai tujuan penelitian.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi
dan Focus Group Discussion (FGD).
Berdasarkan dari hasil penelitian, ditemukan beberapa pernyataan yang
tidak sesuai antara pihak penyelenggara pelayanan dengan masyarakat yang
membuktikan bahwa Kelurahan Manggala membutuhkan standar pelayanan untuk
memberi pengaturan secara jelas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Dengan adanya standar pelayanan, diharapkan penyelenggaraan pelayanan pada
Kelurahan Manggala dapat memberikan jaminan pengelolaan pelayanan pada
masyarakat secara pasti, transparan, dan cepat, sehingga masyarakat dapat
merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam menerima layanan. Output atau
produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dokumen standar pelayanan yang
telah disepakati bersama melalui Focus Group Discussion (FGD). Adapun standar
pelayanan yang disepakati tersebut terkait dengan tiga jenis pelayanan, yaitu: (1)
Pelayanan Surat Keterangan Ahli Waris; (2) Pelayanan Surat Pengantar Nikah; (3)
Retribusi Pelayanan Sampah.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kelurahan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2022 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:27 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/650 |