PERANCANGAN STANDAR PADA KELURAHAN MANGGALA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Yuni, Atmasari (2022) PERANCANGAN STANDAR PADA KELURAHAN MANGGALA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 8. ABSTRACT.pdf] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 9. KATA PENGANTAR.pdf] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 14. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
15. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of 17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
17. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
20. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu unsur penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik adalah
pelayanan publik sebab suatu negara dinilai baik apabila pelayanan publik di
negara tersebut juga baik. Namun, pelayanan publik dewasa ini masih mengalami
banyak kekurangan sehingga kualitas yang diharapkan masyarakat belum dapat
terpenuhi. Hal tersebut dibuktikan dengan masih terdapat keluhan-keluhan
masyarakat yang disampaikan melalui media massa. Keluhan-keluhan tersebut
tentunya berdampak pada citra aparatur pemerintah sebagai penyelenggara
pelayanan.
Penelitian ini dilakukan di kantor Kelurahan Manggala, Kecamatan
Manggala, Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyediakan
standar pelayanan bagi pihak Kelurahan Manggala sebagai penyedia layanan
serta bagi masyarakat sebagai pengguna layanan sehingga proses pelayanan
dapat terlaksana dengan mudah, efektif, dan efisien. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Informan penelitian dipilih secara purposive sesuai tujuan penelitian.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi
dan Focus Group Discussion (FGD).
Berdasarkan dari hasil penelitian, ditemukan beberapa pernyataan yang
tidak sesuai antara pihak penyelenggara pelayanan dengan masyarakat yang
membuktikan bahwa Kelurahan Manggala membutuhkan standar pelayanan untuk
memberi pengaturan secara jelas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Dengan adanya standar pelayanan, diharapkan penyelenggaraan pelayanan pada
Kelurahan Manggala dapat memberikan jaminan pengelolaan pelayanan pada
masyarakat secara pasti, transparan, dan cepat, sehingga masyarakat dapat
merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam menerima layanan. Output atau
produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah dokumen standar pelayanan yang
telah disepakati bersama melalui Focus Group Discussion (FGD). Adapun standar
pelayanan yang disepakati tersebut terkait dengan tiga jenis pelayanan, yaitu: (1)
Pelayanan Surat Keterangan Ahli Waris; (2) Pelayanan Surat Pengantar Nikah; (3)
Retribusi Pelayanan Sampah.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Kelurahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2022
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:27
Last Modified: 12 Aug 2024 03:27
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item