SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA BIDANG MUTASI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BKPSDMD) KOTA MAKASSAR TAHUN 2024

Katleya, Rezkina Hidayat (2024) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA BIDANG MUTASI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BKPSDMD) KOTA MAKASSAR TAHUN 2024. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 01. SAMPUL LUAR.pdf] Text
01. SAMPUL LUAR.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf] Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 06. KATA PENGANTAR.pdf] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 08. ABSTRACT.pdf] Text
08. ABSTRACT.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 09. DAFTAR ISI.pdf] Text
09. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of 16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik yang baik merupakan hal yang wajib diberikan oleh
setiap instansi kerja baik pemerintah maupun swasta. Pelayanan publik
merupakan langkah untuk memulai pengembangan good governance di
Indonesia. Fokus masalah yang akan diidentifikasi pada penelitian ini ialah
bagaimana tingkat kepuasan pengguna layanan pada bidang mutasi BKPSDMD
Kota Makassar. Adapun tujuan dari pelaksanaan survei ini ialah sebagai pedoman
dalam evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Methods.
Pendekatan Mixed Methods merupakan pendekatan yang menggabungkan dua
pendekatan yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, telaah dokumen
dan wawancara. Jumlah responden ditetapkan melalui rumus Krejcie & Morgan.
Berdasarkan hasil perhitungan populasi, ditetapkan sampel sebayak 351
responden dari total 4.007 orang jumlah pengguna layanan bidang mutasi
BKPSDMD Kota Makassar.
Dari hasil penelitian, pelayanan bidang mutasi memperoleh nilai kepuasan
pengguna layanan sebesar 82 dengan nilai mutu pelayanan “Baik” dengan
predikat B. Meski demikian, bidang mutasi masih perlu memperhatikan beberapa
unsur untuk ditingkatkan. Seperti unsur sarana dan prasarana yang memperoleh
nilai 2,95 dan mutu pelayana yang mendapatkan kategori “C” atau keterangan
“kurang baik” dan juga unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan yang
memperoleh nilai 2,91 dan mutu pelayana yang mendapatkan kategori “C” atau
keterangan “kurang baik”.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Layanan Kepegawaian, Kepuasan Masyarakat,
Survei Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2024
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:23
Last Modified: 13 Aug 2024 01:23
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item
View Item