Katleya, Rezkina Hidayat (2024) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA BIDANG MUTASI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BKPSDMD) KOTA MAKASSAR TAHUN 2024. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
01. SAMPUL LUAR.pdf
Download (85kB)
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (136kB)
04. HALAMAN PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf
Download (141kB)
05. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (103kB)
06. KATA PENGANTAR.pdf
Download (110kB)
08. ABSTRACT.pdf
Download (192kB)
09. DAFTAR ISI.pdf
Download (105kB)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (324kB)
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (250kB)
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB)
16. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (719kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (123kB)
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pelayanan publik yang baik merupakan hal yang wajib diberikan oleh
setiap instansi kerja baik pemerintah maupun swasta. Pelayanan publik
merupakan langkah untuk memulai pengembangan good governance di
Indonesia. Fokus masalah yang akan diidentifikasi pada penelitian ini ialah
bagaimana tingkat kepuasan pengguna layanan pada bidang mutasi BKPSDMD
Kota Makassar. Adapun tujuan dari pelaksanaan survei ini ialah sebagai pedoman
dalam evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Methods.
Pendekatan Mixed Methods merupakan pendekatan yang menggabungkan dua
pendekatan yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, telaah dokumen
dan wawancara. Jumlah responden ditetapkan melalui rumus Krejcie & Morgan.
Berdasarkan hasil perhitungan populasi, ditetapkan sampel sebayak 351
responden dari total 4.007 orang jumlah pengguna layanan bidang mutasi
BKPSDMD Kota Makassar.
Dari hasil penelitian, pelayanan bidang mutasi memperoleh nilai kepuasan
pengguna layanan sebesar 82 dengan nilai mutu pelayanan “Baik” dengan
predikat B. Meski demikian, bidang mutasi masih perlu memperhatikan beberapa
unsur untuk ditingkatkan. Seperti unsur sarana dan prasarana yang memperoleh
nilai 2,95 dan mutu pelayana yang mendapatkan kategori “C” atau keterangan
“kurang baik” dan juga unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan yang
memperoleh nilai 2,91 dan mutu pelayana yang mendapatkan kategori “C” atau
keterangan “kurang baik”.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Layanan Kepegawaian, Kepuasan Masyarakat,
Survei Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2024 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:23 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:23 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/744 |