Chindy, Amelia Pratiw (2023) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.
1. SAMPUL LUAR.pdf
Download (45kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (323kB)
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (337kB)
5. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (326kB)
7. ABSTRACT.pdf
Download (479kB)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (374kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (270kB)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (387kB)
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (177kB)
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
15. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pelayanan publik pada dasarnya mencakup aspek kehidupan masyarakat luas.
Dalam kehidupan bernegara, pemerintah memiliki fungsi melayani publik, dalam
bentuk mengatur maupun menerbitkan perizinan dalam rangka memenuhi
kebutuhan masyarakat dalam bidang Pendidikan, kesehatan, usaha,
kesejahteraan, dan sebagainya. Administrasi kependudukan adalah rangkaian
kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data
kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan
informasi administrasi kependudukan hasilnya untuk pelayanan publik dan
pembangunan sektor lain. Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota
Makassar merupakan faktor pengelola pemerintah daerah di aspek kependudukan
serta pencatatan sipil yang dipandu oleh kepala dinas. Berdasarkan hasil survei
terhadap masyarakat yang menggunakan layanan publik yang dikeluarkan oleh
Inspektorat Daerah Kota Makassar terdapat fakta bahwa pelayanan Administrasi
Kependudukan menempati persentase tertinggi dalam hal ketidakpuasan
masyarakat. Hal ini menunjukkan buruknya kinerja birokrasi dalam melaksanakan
pelayanan umum bagi masyarakat. Kondisi ini memberikan indikasi bahwa
harapan reformasi akan dapat memenuhi tuntutan masyarakat terutama berkaitan
dengan perbaikan kualitas layanan publik dari birokrasi masih jauh dari kenyataan.
Salah satu upaya yang harus dicoba dalam tingkatkan mutu pelayanan itu
merupakan melakukan survey kepuasan masyarakat pada masyarakat yang
membuat dokumen kependudukan dengan mengukur kepuasan masyarakat
kepada pelayanan yang diserahkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan
mixed methods mendapatkan hasil penelitian yang valid sebab peneliti tidak hanya
mengambil pengukuran data dari kuisioner tetapi juga mendapatkan dukungan
tambahan dari beberapa hasil wawancara dan observasi serta juga dari hasil
telaah dokumen. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai IKM yang
didapatkan yaitu 80,25 dengan kategori Baik (B) yang artinya pelayanan yang
telah diberikan sudah bisa dikatakan baik
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Administrasi
Kependudukan,Survei Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023 Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara |
Depositing User: | Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:59 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:59 |
URI: | https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/618 |