SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR

Chindy, Amelia Pratiw (2023) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 5. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
5. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 7. ABSTRACT.pdf] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 12. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of 15. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf] Text
15. BAB IV DESKRIPSI DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
18. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik pada dasarnya mencakup aspek kehidupan masyarakat luas.
Dalam kehidupan bernegara, pemerintah memiliki fungsi melayani publik, dalam
bentuk mengatur maupun menerbitkan perizinan dalam rangka memenuhi
kebutuhan masyarakat dalam bidang Pendidikan, kesehatan, usaha,
kesejahteraan, dan sebagainya. Administrasi kependudukan adalah rangkaian
kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data
kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan
informasi administrasi kependudukan hasilnya untuk pelayanan publik dan
pembangunan sektor lain. Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kota
Makassar merupakan faktor pengelola pemerintah daerah di aspek kependudukan
serta pencatatan sipil yang dipandu oleh kepala dinas. Berdasarkan hasil survei
terhadap masyarakat yang menggunakan layanan publik yang dikeluarkan oleh
Inspektorat Daerah Kota Makassar terdapat fakta bahwa pelayanan Administrasi
Kependudukan menempati persentase tertinggi dalam hal ketidakpuasan
masyarakat. Hal ini menunjukkan buruknya kinerja birokrasi dalam melaksanakan
pelayanan umum bagi masyarakat. Kondisi ini memberikan indikasi bahwa
harapan reformasi akan dapat memenuhi tuntutan masyarakat terutama berkaitan
dengan perbaikan kualitas layanan publik dari birokrasi masih jauh dari kenyataan.
Salah satu upaya yang harus dicoba dalam tingkatkan mutu pelayanan itu
merupakan melakukan survey kepuasan masyarakat pada masyarakat yang
membuat dokumen kependudukan dengan mengukur kepuasan masyarakat
kepada pelayanan yang diserahkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan
mixed methods mendapatkan hasil penelitian yang valid sebab peneliti tidak hanya
mengambil pengukuran data dari kuisioner tetapi juga mendapatkan dukungan
tambahan dari beberapa hasil wawancara dan observasi serta juga dari hasil
telaah dokumen. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai IKM yang
didapatkan yaitu 80,25 dengan kategori Baik (B) yang artinya pelayanan yang
telah diberikan sudah bisa dikatakan baik
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Administrasi
Kependudukan,Survei Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:59
Last Modified: 12 Aug 2024 01:59
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item
View Item