PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PADA DESA JE’NETALLASA KABUPATEN GOWA

Magfira, Aulia Ramadhany Rahmat (2023) PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PADA DESA JE’NETALLASA KABUPATEN GOWA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Makassar.

[thumbnail of 1. SAMPUL LUAR.pdf] Text
1. SAMPUL LUAR.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 7. ABSTRACT.pdf] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 13. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf] Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf] Text
19. LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyusunan Standar Pelayanan merupakan sesuatu yang wajib dilakukan
oleh penyelenggara pelayanan publik, hal ini berdasarkan ketentuan yang
berlaku dalam Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi
dan Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar
Pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun standar pelayanan, pada
beberapa layanan yang ada. Manfaat standar pelayanan untuk mempermudah
Masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di kantor desa, Untuk itu Desa
Je’netallasa perlu untuk menyusun Standar Pelayanan sebagai bentuk
perbaikan pelayanan publik. Sebab pada penelitian yang dilakukan, ditemukan
fakta bahwa Kantor Desa Je’netallasa sama sekali belum memiliki Standar
Pelayanan, dan fakta ini bertentangan dengan Undang-Undang Pelayanan
Publik yang berlaku, jika staandar pelayanan tidak ada maka tidak ada
patokan atau pedoman yang dipakai dalam melakukan pelayanan publik
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Standar Pelayanan pada Kantor
Desa Je’netallasa dengan menyediakan pedoman yang berbentuk standar
pelayanan. metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan
data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, observasi, telaah dokumen , dan focus group discussion (FGD).
Wawancara dilakukan dengan pihak pemberi dan pengguna layanan,
observasi pada saat dilakukan pada saat pemberi layanan dan penerima
layanan, sedangkan tahap penting merupakan tahap Focus Group Discussion
dengan Masyarakat dan pihak desa.
Penelitian ini menghasilkan karya akhir berupa Standar Pelayanan Surat
Keterangan Tempat Usaha, Standar Pelayanan Surat Keteranagan Domisili,
Standar Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu, Standar Pelayanan Surat
Keterangan Beda Identitas di Kantor Desa Je’netallasa.
Kata Kunci: Standar Pelayanan, Pelayanan Publik, Desa Je’netallasa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara > 2023
Skripsi > Skripsi Administrasi Pembangunan Negara
Depositing User: Teknologi Informasi
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:41
Last Modified: 06 Aug 2024 06:45
URI: https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item